Halal dan Haram

Segala sesuatu yang di ciptakan Allah swt dimuka bumi ini merupakan arunia dan fasilitas yang diperuntukan untuk umat manusia. Berbagai komunitas darat, laut dan udara yang dilengkapi dengan berbagai tumbuhan dan binatang, lengkap dengan keistimewaan dan keajaibannya menjadi pertanda betapa mulianya mahluk yang bernama manusia ini, dan betapa Maha Besar dan Maha Kuasanya Allah Sang Maha Pencipta. 
Dalam surat Luqman Allah berfirman yang artinya: "Tidakkah kamu perhatikan sesungguhnya Allah telah menunjukan untuk (kepentingan)mu, apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi dan menyempurnakan untukmu nikmatNya lahir dan batin."

Komunitas darat, laut dan udara ada yang dihalalkan, ada yang diharamkan dan bahkan ada yang belum jelas halal dan haramnya. Setiap ketentuan yang telah digariskan oleh Allah, baik yang berupa hukum halal maupun hukum haram selalu mengandung hikmah dan alasan yang rasional untuk kemsalahatan umat manusia itu sendiri.
Namun sebagai Khalifah di bumi, manusia seringkali memilih untuk terjebak dalam belenggu nafsu dan kenikmatan sesaat. Halal dan haram tidak lagi bersandar pada hukum-hukum Allah, namun lidah dan nafsu kesenangan menjadi penentunya. Yang enak menurut lidah akan ditelan walaupun haram dan dilarang, na'udzubillah.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.